Tabel
ragam model pembelajaran terpadu
Nama Model
|
Deskripsi
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Terpisah ( Fragmented )
|
Berbagai disiplin ilmu yang berbeda dan saling terpisah
|
Adanya kejelasan dan pandangan yang terpisah dalam suatu mata
pelajaran
|
Keterhubungan menjadi tidak jelas; lebih sedikit transfer
pembelajaran
|
Keterkaitan /
Keterhubungan ( Connected ) |
Topik-topik dalam satu disiplin ilmu berhubungan satu sama
lain.
|
Konsep–konsep utama saling terhubung, mengarah pada
pengulangan ( review ), rekonseptualisasi, dan asimilasi
gagasan-gagasan dalam suatu disiplin
|
Disiplin-disiplin ilmu tidak berkaitan; kontent tetap
terfokus pada satu disiplin ilmu
|
Berbentuk Sarang/
kumpulan ( Nested ) |
Keterampilan-keterampilan sosial, berpikir, dan kontent (c
ontents skill ) dicapai di dalam satu mata pelajaran ( subject area
)
|
Memberi perhatian pada berbagai mata pelajaran yang
berbeda dalam waktu yang bersamaan, memperkaya dan memperluas pembelajaran
|
Pelajar dapat menjadi bingung dan kehilangan arah mengenai
konsep-konsep utama dari suatu kegiatan atau pelajaran
|
Dalam satu rangkaian
( Sequence ) |
Persamaan-persamaan yang ada diajarkan secara bersamaan,
meskipun termasuk ke dalam mata pelajaran yang berbeda
|
Memfasilitasi transfer pembelajaran melintasi beberapa
mata pelajaran
|
Membutuhkan kolaborasi yang terus menerus dan kelenturan
(fleksibilitas) yang tinggi karena guru-guru memilki lebih sedikit otonomi
untuk mengurutkan (merancang) kurikula
|
Terbagi ( Shared )
|
Perencanaan tim dan atau pengajaran yang melibatkan dua
disiplin difokuskan pada konsep, keterampilan, dan sikap-sikap ( attitudes
) yang sama
|
Terdapat pengalaman-pengalaman instruksional bersama;
dengan dua orang guru di dalam satu tim, akan lebih mudah untuk berkolaborasi
|
Membutuhkan waktu, kelenturan, komitmen, dan kompromi
|
Bentuk jaring laba-laba
( Webbed ) |
Pengajaran tematis, menggunakan suatu tema sebagai dasar
pembelajaran dalam berbagai disiplin mata pelajaran
|
Dapat memotivasi murid-murid: membantu murid-murid untuk
melihat keterhubungan antar gagasan
|
Tema yang digunakan harus dipilih baik-baik secara
selektif agar menjadi berarti, juga relevan dengan kontent
|
Dalam satu alur
( Threaded ) |
Keterampilan-keterampilan sosial, berpikir, berbagai jenis
kecerdasan, dan keterampilan belajar ‘direntangkan’ melalui berbagai disiplin
|
Murid-murid mempelajari cara mereka belajar; memfasilitas
transfer pembelajaran selanjutnya
|
Disiplin-disiplin ilmu yang bersangkutan tetap terpisah
satu sama lain
|
Terpadu ( Integrated )
|
Dalam berbagai prioritas yang saling tumpang tindih dalam
berbagai disiplin ilmu, dicari keterampilan, konsep, dan sikap-sikap yang
sama
|
Mendorong murid-murid untuk melihat keterkaitan dan
kesalingterhubungan di antara disiplin-disiplin ilmu; murid-murid termotivasi
dengan melihat berbagai keterkaitan tersebut
|
Membutuhkan tim antar departemen yang memiliki perencanaan
dan waktu pengajaran yang sama
|
Immersed
|
Pelajar memadukan apa yang dipelajari dengan cara
memandang seluruh pengajaran melalui perspektif bidang yang disukai ( area
of interest )
|
Keterpaduan berlangsung di dalam pelajar itu sendiri
|
Dapat mempersempit fokus pelajar tersebut
|
Membentuk jejaring
( Networked ) |
Pelajar melakukan proses pemaduan topik yang dipelajari
melalui pemilihan jejaring pakar dan sumber daya
|
Bersifat proaktif; pelajar terstimulasi oleh informasi,
keterampilan, atau konsep-konsep baru
|
Dapat memecah perhatian pelajar; upaya-upaya menjadi tidak
efektif
|
0 komentar:
Posting Komentar